Pantau Taman Jahe Merah, Ketua TP PKK Kota Madiun Berharap KRPL Jadi Nilai Tambah Tersendiri

MADIUN – Setelah pada bulan Oktober lalu dilakukan pemantauan tanaman jahe di seluruh wilayah di Kelurahan yang ditunjuk untuk menanam jahe merah, pada Jum’at (24/1) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun Yuni Maidi bersama dengan pokja tiga TP PKK Kota Madiun kembali terjun langsung melakukan monitoring.

Monitoring kali ini dimulai dari Kecamatan Kartoharjo. Terdapat lima wilayah yang ditunjuk untuk menanam jahe merah diantaranya kelurahan Klegen, Kelurahan Kanigoro, Kelurahan Kartoharjo dan dua wilayah lainnya di Kelurahan Rejomulyo.

Yuni Maidi saat ditemui disela-sela monitoring menyampaikan apabila wilayah yang dipantau sudah memuaskan. Dirinya juga menyebutkan apabila konsep taman jahe merah masyarakat juga diisi dengan beragam jenis tanaman yang beragam dan bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi warga sekitar.

“Sejauh ini taman jahe merah yang kami lakukan monitoring sangat memuaskan. Semuanya bagus dan ada beberapa tempat yang memiliki KRPL (Kawasan Pangan Lestari) yang menjadi nilai tambah,” tuturnya.

Monitoring dilakukan tidak hanya dengan pokja tiga saja namun turut melibatkan ahli tanaman yakni  Indro Budi Teguh Pikukuh. Menurutnya banyak kemajuan dan jahe yang ditanam terlihat sehat. Hal itu dibuktikan dengan batang pohon yang berwarna hijau segar dan daunnya tidak ada yang menguning.

“Jahe merahnya sehat dan tidak ada indikasi terserang jamur. Mudah-mudahan Juni sudah bisa dipanen,”terangnya.

Indro sapaan akrabnya menambahkan jika pada musim hujan seperti ini untuk mengurang pupuk lalu dikenadlikan  sterilisasi dengan bolote dabok untuk mengendalikan ph tanah.