Tingkatkan Angka Harapan Hidup Lansia, Pemkot Madiun Rutin Gelar Senam Lansia

Senam Bersama Lansia rutin digelar oleh Pemkot Madiun pada hari Jum’at disetiap bulannya.

MADIUN – Sehat merupakan aset yang harus dijaga oleh semua orang. Kesehatan wajib dipelihara, baik muda atau lansia.Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Salah satunya ialah dengan berolahraga. Dengan berolahraga dapat membuat badan bugar dan panjang umur.

Dinas sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PP PA) Kota Madiun setiap bulannya menggelar senam bersama dengan lansia sekota Madiun. Beragam fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh para lansia, yakni cek kesehatan yang meliputi pengecekan tensi dan kadar gula darah, serta makanan bergizi penujang energi para lansia setelah senam. Hal tersebut terlihat pada senam bersama lansia pada Jum’at (6/3).

Sebanyak lebih dari 1000 lansia di Kota Madiun berkumpul untuk melaksanakan senam bersama. Pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi tampak menghadiri senam. Istri Walikota Madiun tersebut menuturkan apabila senam yang rutin diselenggarakan memiliki beragam manfaat. Selain menyehatkan, adanya senam lansia dapat membuat lansia di Kota Madiun panjang umur.

Ketua TP PKK Kota Madiun, hadir mengikuti senam yang dilaksanakan di Stadion Wilis Kota Madiun pada Jum’at (6/3)

“Badan sehat, pikiran dan hati tentunya bahagia. dengan begitu akan berefek pada panjangnya umur lansia yang ada di Kota Madiun,” tutur Yuni Maidi.

Selain senam lansia, beragam upaya dilakukan oleh Pemkot guna untuk meningkatkan angka harapan hidup lansia di Kota Pendekar. Diantanya ialah dengan memaksimalkan pelayanan khusus bagi lanisa daiantaranya ialah dengan adanya karang werda, posyandu lansia hingga memberikan fasilitas bagi lansia. Yuni Maidi berharap dengan adanya program-program tersebut dapat membuat lansia bahagia di usia senja.

“Usia panjang, pikiran bahagia pasti angka harapan hidup akan terus meningkat,” tegasnya.

Lansia Bahagia di Usia Senja
Yuni Maidi saat melakukan cek kesehatan yang disediakan oleh panitia acara Senam Bersama Lansia