Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024, Pj Ketua TP PKK Kota Madiun Turut Hadiri Upacara Peringatan

Upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila berlangsung khidmat di Kota Madiun, Sabtu (1/6). Upacara peringatan dipimpin Pj Wali Kota Eddy yang bertindak sebagai inspektur upacara. Peringatan semakin menarik lantaran peserta mengenakan pakaian adat dari berbagai suku di tanah air. Pj Ketua TP PKK Kota Madiun, Rika Eddy Supriyanto turut hadir mengenakan pakaian adat khas Sumatera.

Dalam upacara tersebut Pj wali kota juga membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI. ‘’Peringatan hari lahir Pancasila kali ini mengusung tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045, tema ini harus benar-benar kita ilhami dan kita resapi,’’ kata Pj Wali Kota Eddy.

Tema tahun ini mengandung makna bahwa Pancasila merupakan wujud cinta dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa di tanah air. Serta semangat untuk terus berbenah diri menuju Indonesia emas 2045 mendatang. Seluruh komponen bangsa wajib untuk terus mengamalkan Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Ini penting mengingat tantangan ke depan juga semakin kompleks.

Dalam kegiatan tersebut juga mengemuka pengumuman pemenang sejumlah lomba di Kota Madiun. Yakni, penilaian Inovasi Pelayanan Publik, Festival Band tingkat Kota Madiun, Gema Takbir Keliling dan Parade Bedug, dan Lomba Abdi Yasa Teladan Dinas Perhubungan. (adl/uli)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *