Dekranasda Kota Madiun Mejeng di Dekranas Award 2019

JAKARTA – Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali menyelenggarakan pameran KriyaNusa 2019. Kriyanusa adalah salah satu pameran kerajinan terbesar di Indonesia yang ditujukan sebagai wadah promosi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Dekranas. Pada tahun ini, Kriyanusa diselenggarakan pada 11-15 September 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur turut ikut serta dalam pameran tersebut. Provinsi Jawa Timur menghadirkan ratusan stand yang memamerkan beragam kerajinan khas daerah diantaranya kain batik sepatu, hingga tas yang terbuat dari dari kain perca yang disulap sehingga memiliki nilai ekonomi.

Kota Madiun turut andil dalam pameran Dekranasda yang sekaligus mewakili Jawa Timur. Dibawah bimbingan langsung Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun Suyoto, Kota Madiun menghadirkan beragam hasil industri kreatif yang beragam serta berkualitas, karena melibatkan perajin terpilih dari Kota Madiun. Stand Kota Madiun diisi oleh produk pilihan dan sudah terkurasi oleh Dekranasda Kota Madiun, diantaranya ialah kain batik khas Kota Pendekar, tas perca hingga beraneka aksesories menarik lainnya.

Ketua Dekranasda sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi berkesempatan hadir dalam pameran tersebut. Menurutnya adanya pameran kreatif ini merupakan salah satu bagian dari upaya untuk memacu para pelaku industri kreatif untuk berlomba-lomba menghadirkan kreasi terbaiknya. Menurutnya, di Kota Madiun saat ini sudah banyak ditemui beragam industri kreatif yang semakin berkembang.

“Kegiatan semacam ini harus rutin kita ikuti, supaya Kota Madiun mampu bersaing dan menambah wawasan di bidang industri kreatif. Apalagi saat ini industri kreatif di Kota Madiun semakin dikenal oleh masyarakat luas,”ungkapnya.

Ketua Ketua Dekransda Jatim Arumi Emil Elestianto Dardak berkunjung ke stand pameran milik Kota Madiun
Ketua Dekranasda Jatim Arumi Emil Elestianto Dardak berfoto bersama dengan Ketua Dekranasda Kab/Kota Jawa Timur di stan Kota Madiun

Pada pameran Kriyanusa 2019 Provinsi Jawa Timur mendapatkan penghargaan dari Pengurus Dekranas Pusat, sebagai Lembaga Pembina Teladan di ajang Dekranas Award 2019.

Arumi Emil Elestianto selaku Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur menerima langsung trophy dari Ketua Umum Dekranas Pusat Mufida Jusuf Kalla. Menurutnya, penghargaan yang diraih tersebut merupakan hasil dari kerjasama yang apik antar Dekranasda Kota/Kab di seluruh Provinsi Jawa Timur.  

“Dekranasda Provinsi Jatim bisa mendapatkan penghargaan tersebut karena kerja keras dari tim Dekranasda Provinsi dan utamanya para Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota seluruh Jawa Timur,” ungkap Arumi usai meninjau stand pameran milik Dekranasda Jatim.