Peringati Hari Pangan Sedunia, Gubernur Jatim Ajak Tingkatkan Kualitas Pangan

Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) di JX International Exibition pada Selasa, (19/11)

SURABAYA – Puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 berlangsung di JX International Exibition Surabaya yang diselenggarakan pada 19-20 Nopember 2019. Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Timur tersebut mengangkat tema “Melalui inovasi Teknologi Pertanian dan Pangan Kita Wujudkan Nawa Bhakti Satya untuk Jawa Timur Maju Sejahtera”.

Gubernur Jatim (dua dari kanan) Khofifah Indar Parawasa saat menghadiri Pembukaan Hari Pangan Sedunia

Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya menuturkan bahwa Jawa Timur merupakan daerah dengan pertumbuhan industri makanan dan minuman tertinggi di Indonesia. Maka dari itu dirinya berpesan untuk pemerintah daerah untuk ikut serta mengawasi pertumbuhan sentra-sentra industri yang ada di wilayahnya.

“Didalam pemetaan bersama dengan Gubernur BI, Kementerian Perekonomian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementrian Keuangan dan Kementerian perhubungan menyatakan bahwa sentra indusri mamin terbesar di Indonesia adalah di Jatim. Oleh karna itu saya berpesan kepada kepala daerah untuk turut mengawasi sentra indutri makanan minuman baik nabati hewani melakukan pendampuingan dan penguatan dalam produksi,” tuturnya.

Kegiatan peringatan HPS turut diikuti oleh kepala sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Melalui peringatan HPS tersebut, Gubernur Jatim turut menyampaikan pentingya memberikan makanan sehat kepada anak-anak sehingga akan mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

“Saya mengajak kepada para tenaga pendidik untuk turut melakukan pedekatan kesehatan kepada siswanya. Seperti mengajak menanam bayam merah yang memiliki kandungan zat besi yang baik bagi pertumbuhan,”ujar Kofifah Indar Parawansa dalam sambutannya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota/Kabupaten se-Jawa Timur saat menghadiri pembukaan HPS

Dalam puncak peringatan HPS ini juga turur diselenggrakan berbagai perlombaan dibidang pangan. Diantaranya ialah penganugrahan award peduli ketahaan pangan 2019, lomba cipta menu berbasis pangan lokal, lomba cipta kreasi resep berbasis pangan lokal tingkat SLTA, pemilihan duta pangan 2019, festival jajanan kantin sekolah berbasis pangan lokal, gelar kreasi dan inovasi teknologi pangan dan olahan pameran pembangunan pertanian serta gelaran konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman.

Kota Madiun lewat Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan saat mengisi stand pameran Hari Pangan Seduni

Kota Madiun pada kesempatan ini turut ikut memeriahkan peringatan HPS yang diwakili langsung oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Selain itu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun hadir dalam ceremoni pembukaan HPS 2019 di Surabaya.

Kantin Sehat Ceria SDN Patihan Kota Madiun
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun saat menghadiri peringatan Hari Pangan Sedunia di JX International Convention Exibition Surabaya