Berdayakan Lansia, Dinsos Beri Pelatihan Hidroponik Bagi Karang Werda

MADIUN – Pemberdayaan masyarakat oleh pemerintah terus dioptimalkan. Kegiatan yang digelar ditunjukan bagi warga Kota Madiun di segala usia. Salah satunya melalui pelatihan hidroponik bagi karang werda sekota Madiun yang digelar oleh Dinas Sosial PP dan PA Kota Madiun diikuti oleh sebanyak 81 peserta dari masing-masing kelurahan sekota Madiun dan diselenggarakan selama tiga hari.

Kabid Sosial Dinsos PP dan PA Kota Madiun Siti Nursahada mengatakan, pelatihan bertujuan untuk membekali masyarakat khususnya bagia lansia untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan sosial di masa senja.

“Para lansia yang tergabung dalam karang werda ini kami ajak  agar dapat menikmati kebahagiaan dan berdaya guna dalam kehidupan berkeluarga ataupun di masyarakat agar memiliki keterampilan yang dapat menambah income keluarga. Jadi tidak bergantung kepada sanak saudara,” tutur Siti Nursahada dalam sambutannya.

Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi turut hadir dalam kegiatan tersebut. Menurut Yuni Maidi adanya kegiatan tersebut menjadi wadah untuk menampung kegiatan para lanjut usia yang dibentuk dalam rangka membantu mewujudkan kesejahteraan para lansia. Sehingga diharapkan para lansia dapat memiliki kegiatan yang bermanfaat diusia senja.

“Dengan adanya pelatihan hidroponik bagi karang werda diharapkan mereka memiliki aktifitas yang menyenangkan dan bermanfaat. Sehingga pada usia senja tidak dihabiskan dengan berdiam diri saja, ada baiknya diisi dengan melakukan aktifitas yang ringan serta menyenangkan. Dengan begitu angka harapan hidup bisa lebih panjang lagi,” tutur Yuni Maidi.

Istri Walikota Madiun turut menyempatkan diri untuk turun langsung ke lokasi pelatihan. Dirinya mengapereaisasi kegaiatan yang diinisiasi oleh Dinsos PP PA Kota Madiun. Diharapkan kedepannya akan ada banyak kegiatan yang digelar oleh Dinsos untuk memberdayakan dan memberikan wadah bagi seluruh warga Kota Madiun.

“Tak hanya untuk lansia saja, namun seluruh warga Kota Madiun agar lebih berdaya dan mampu meningkatkan serta mewujudkan kehidupan yang lebih sejahtera,” imbuhnya.