Tingkatkan Kemampuan Pulic Speaking, TP PKK Kota Madiun Gelar Pelatihan Bepidato Bagi Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan Sekota Madiun

MADIUN – Public speaking atau sering dikenal dengan sebutan berbicara didepan umum merupakan sebuah kemampuan yang harus dimiliki setiap orang di era saat ini. Karena dengan memiliki kemampuan public speaking yang baik, maka seseorang akan mampu berbicara dengan lancar dihadapan banyak orang serta dapat menyampaikan informasi dengan baik sesuai dengan apa yang ingin disampaikan.

Kemampuan berbicara didepan umum sangat diperlukan untuk berbagai acara khusunya agenda kemasyarakatan. Kemampuan berbicara didepan umum harus dikuasai oleh setiap orang tak terkecuali oleh kader PKK yang memiliki peran penting dalam membantu pemerintah untuk mensosialisasikan program kerja kepada masyarakat. Tentunya dengan menggunakan bahasa yang santun, baik dan mudah dipahami oleh masyarakat.

Maka dari itu, guna meningkatkan kemampuan public speaking atau dalam hal ini berpidato didepan umum, Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kota Madiun menggelar pelatihan berpidato bagi ketua TP PKK Kecamatan maupun Kelurahan di Kota Madiun pada Selasa (25/2) di Ruang Pertemuan Panti PKK Kota Madiun.

“Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi berpidato bagi para ketua TP PKK kecamatan dan kelurahan agar supaya berani berbicara dimuka umum dan dapat menyapikan materi ataupun informasi dengan baik,” ungkap Yuni Maidi selaku Ketua TP PKK Kota Madiun saat membuka acara Pelatihan Berpidato.

Yuni Maidi juga menambahkan bahwa dengan diadakannya pelatihan berpidato ini turut meningkatkan kapasitas kemampuan kader PKK serta keterlibatan dan  peran  para kader PKK  dalam menyampaikan pesan berpidato dengan menarik. Sehiangga akan membangun sebuah komunikasi yang baik antar penyampai pidato dan hadirin.

“Sebuah  pidato  yang  berkesan  dapat  menciptakan  ikatan  komunikatif  antara penyampai pidato dengan audience. Walaupun pidato adalah komunikasi satu arah, bila disampaikan dengan  cara  yang  sebaik-baiknya dan menarik dapat  membawa  efek  dua  arah  dalam  ikatan  komunikatif,” tuturnya.

Lanjutnya, ketua TP PKK Kota Madiun berharap para peserta yang mengikuti pelatihan dapat dengan sungguh-sungguh, mencermati dengan baik tentang beragam materi yang disampaikan oleh narasumber.

“Harapannya agar peserta mampu mengimplementasikan teknik-teknik berpidato yang disampaikan oleh narasumber dalam kehidupan sehari-hari serta dapat menambah rasa berani dan percaya diri saat berbicara didepan public,” tandasnya.